Senin, 23 Januari 2012

tugas ips


1.Jelaskan tentang:
El nino: El Niño–Southern Oscillation adalah gejala penyimpangan (anomali) pada suhu permukaan Samudra Pasifik di pantai Barat Ekuador dan Peru yang lebih tinggi daripada rata-rata normalnya. Gejala ini lebih umum dikenal di kalangan awam dengan nama El Niño (bahasa Spanyol, dibaca: "El Ninyo" yang berarti "anak laki-laki kecil"). Gejala penyimpangan di tempat yang sama tetapi berupa penurunan suhu dikenal sebagai La Niña (dibaca "La Ninya"). Istilah ini pada mulanya digunakan untuk menamakan arus laut hangat yang kadang-kadang mengalir dari Utara ke Selatan antara pelabuhan Paita dan Pacasmayo di daerah Peru yang terjadi pada bulan Desember. Kejadian ini kemudian semakin sering muncul yaitu setiap tiga hingga tujuh tahun serta dapat memengaruhi iklim dunia selama lebih dari satu tahun.
Nama El Niño diambil dari bahasa Spanyol yang berarti “anak laki-laki”, merujuk pada bayi Yesus Kristus dan digunakan karena arus ini biasanya muncul selama musim Natal; sedangkan La Niña berarti "gadis kecil". Karena fluktuasi dari tekanan udara dan pola angin di Selatan Pasifik yang menyertai El Niño, fenomena ini dikenal dengan nama El Niño–Southern Oscillation (ENSO). Gejala El Niño tidak selalu diikuti dengan Southern Oscillation, dan tanpa kombinasi keduanya efek global tidak terjadi.
El nino terjadi karena pemanasan di ekuator samudra pasifik dan pemanasan global juga menjadi salah satu unsurnya.
Selain memberikan kerugian, el nino juga memberikan keuntungan pada Indonesia. Contohnya, ikan tuna di Pasifik bergerak ketimur. Namun, ikan yang berada di Samudera Hindia bergerak masuk ke selatan Indonesia. Hal itu karena perairan di timur samudera ini mendingin, sedangkan yang berada di barat Sumatera dan selatan Jawa menghangat. Hal ini membuat indonesia mendapat banyak ikan tuna dan ikan tuna pada daerah Indonesia bagian timur memiliki ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan di daerah lain.

El nina: La Niña adalah laut ditambah suasana fenomena yang mitra ke El Niño. Namanya berarti "gadis kecil" dalam bahasa Spanyol. La Niñas sering, meskipun tidak selalu, didahului oleh fenomena El Niño. Pola cuaca di Amerika Serikat biasanya berbeda dibandingkan selama tahun-tahun El Niño. Selama La Niñas musim badai Atlantik menghasilkan lebih intens badai dari biasanya.
[perubahan] Sejarah terkini

A La Niña yang kuat hit di 1988-1989. Yang lemah berlangsung selama 1995. Sebuah kuat diperpanjang La Niña mantra berlangsung dari 1998 hingga 2000, diikuti oleh periode netral antara 2000 dan 2002. A La Niña yang lebih baru terjadi pada tahun 2007-2008, diikuti oleh kondisi netral pada 2008-2009



2.pengertian tentang arus panas kurosyiwo dan arus dingin oyasyiwo
a.arus oyasyiwo: Arus Oyashio disebut juga Okhotsk dan Oya Siwo adalah arus dingin yang bergerak dari arah selatan Samudera Pasifik. Arus ini saling bertabrakan dengan Arus Kuroshio yang bergerak dari pantai timur Jepang. Kedua arus ini saling membentuk Arus Pasifik Utara. Arus ini dimulai dari bermula dari Samudera Arktik dan bergerak ke arah selatan melewati Laut Bering.


b.arus panas koryashio: Arus Kuroshio, merupakan lanjutan arus khatulistiwa utara karena setelah sampai di dekat Kepulauan Filipina, arahnya menuju ke utara. Arus ini merupakan arus panas yang mengalir dari utara Kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur Kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini didorong oleh angin barat
3.informasi kawasan segitiga bermuda:
Segitiga Bermuda
(bahasa Inggris: Bermuda Triangle), kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil2 atau 4 juta km2 yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat.
Segitiga bermuda sangat misterius. Sering ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas. Ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa
4.10 keajaiban dunia:
1.Chichen Itza
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/chichen-itza.jpgMerupakan peninggalan arkeologi suku Maya di Meksiko yang paling lengkap serta masih terawat dengan baik. Menurut buku budaya suku Maya dari Chilam Balam, kompleks candi ini dibangun antara tahun 502-522 Masehi. Suku Maya hanya menempatinya selama 200 tahun, kemudian mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche. Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang.


2. Christ The Redeemer
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/christ-the-redeemer.jpgAtau Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brasil. Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 m di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap ke kota.






3. Colosseum
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/colosseum.jpgAdalah sebuah gedung pertunjukan yang besar/amphitheatre, terletak di Ibukota Negara Italia, Roma, bernama asli “Flavian Amphitheatre”, didirikan oleh Raja Vespasian dan terselesaikan oleh anaknya Titus. Ada yang berpendapat bahwa Colosseum dibuat pada tahun 79 SM. Asal nama Colosseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Tempat ini di set untuk menampung 50.000 orang penonton.


4. Great Wall of China
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/great-wall-of-china.jpgTembok Raksasa Cina atau Tembok Besar merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m. Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar.


5. Machu Picchu
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/machu-picchu.jpgMachu Picchu (“Gunung Tua” dalam bahasa Quechua; sering juga disebut “Kota Inca yang hilang”) adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 m. diatas permukaan laut. Berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco. Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka.


6. Petra
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/petra.jpgAdalah sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Simbol teknik dan perlindungan. Kota ini didirikan dengan mengali dan mengukir cadas setinggi 40 meter. Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9SM-40M oleh Raja Aretas IV sebagai kita yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir. Nabatean membangun Petra dengan sisitem pengairan yang luar biasa rumit. Terdapat terowongan air dan bilik air yang menyalurkan air bersih ke kota, sehingga mencegah banjirmedadak. Mereka juga memiliki teknologi hidrolik untuk mengangkat air.


7. Taj Mahal
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/taj-mahal.jpgAdalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunan menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal. Shah Jahan memerintahkan Ustad Ahmad membuat bangunan ini. Ustaz Ahmad mengumpulkan 20.000 orang pekerja yang terdiri dari tukang batu, tukang emas, dan pengukir yang termasyhur dari seluruh dunia. Dengan bumbung, kubah dan menara yang buat dari marmer putih, serta seni mozak yang indah. Sebanyak 43 jenis batu permata, termasuknya yaitu berlian, jed, kristal, topaz, dan nilam telah digunakan untuk memper indah Taj Mahal.


8. Giza Pyramid
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/giza-pyramid.jpgAdalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza. Dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu. Dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. Tiga piramida yang lebih kecil untuk istri Khufu, dan sebuah piramida “satelit” yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan, dan makam-makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan.


9. Acropolis of Athens
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/acropolis-of-athens.jpgAcropolis adalah dataran tinggi berbatu setinggi 156 m, dan ada beberapa reruntuhan bangunan kuno yang dulunya adalah kuil yg menjadi pusat sejarah Athena. Mulai dibangun 1.300 tahun SM. Acropolis sebenarnya sebuah kota kecil yang permai, sampai kerajaan Persia menghancurkannya di tahun 480 SM. Setahun kemudian tentara Yunani mengalahkan Persia dan membangun ulang kuil-kuil itu. Antara tahun 467 sampai 404 SM, bangunan tersebut selesai dibangun. Pada tahun 1834 Athena menjadi ibukota Yunani, raja Otto menetapkan Acropolis sebagai bangunan arkeologi yang dilindungi. Tahun 1975 Acropolis direstorasi.


10. Alhambra
http://www.isdaryanto.com/wp-content/uploads/2009/09/alhambra.jpgAdalah nama sebuah kompleks istana sekaligus benteng yang megah dari kekhalifahan bani ummayyah di Granada, Spanyol bagian selatan (dikenal dengan sebutan Al-Andalus ketika benteng ini didirikan), yang mencakup wilayah perbukitan di batas kota Granada. Istana ini dibangun sebagai tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya.




5.10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak:


1. Monaco
Monako adalah Negara yang paling padat penduduknya dan merupakan negara merdeka terkecil ke dua di dunia,dengan jumlah penduduk 32.410 dan luas hanya 1,96 kilometer persegi (485 hektar).Monaco merupakan negara terkecil didunia berbahasa prancis.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKaa96ZTR_oM2vX81jw9I7V7PL9Wax72RWBjOztIio11aGzxYh-MNuyN8_pUqnNjmIGEL5KFJ8oFIn-wiixYgvjGYBfMTdwqP5G3nsa8LSICoJALMrCDFwlXBk4Nvkrg6TNO0OIXX6D_MU/s1600-r/city1.jpg
2. Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan yang dihuni terletak di ujung selatan Semenanjung Melayu.populer untuk tujuan pariwisata dan bisnis, Singapura juga merupakan salah satu negara terkaya di dunia karena sangat mengembangkan ekonomi. Singapura telah dinilai sebagai yang paling ramah-usaha perekonomian di dunia, dengan ribuan ekspatriat asing yang bekerja di perusahaan multi-nasional.ibuKota-negara juga mempekerjakan puluhan ribu pekerja asing dari seluruh dunia. Dengan total kepadatan penduduk lebih dari 6.300 orang per kilometer persegi, ia menempati urutan ke-2 di dunia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMn-AnmbLyarUJCf2yHG57xXhWqAWEuWO2se_bki9eUeLl1HFRgdiuZ7JFtQDNS57niBKaButyztOjQ96N55G31_CuZ8MCOxF5uu0YohdSXipkfkdoVOtAsoW-3YwQRe9mADsHenIQgq2k/s1600-r/city2.jpg
3. Vatican City
Merupakan Daratan dalam kota Roma Italia dengan sekitar 44 hektar (108,7 hektar), Kota Vatikan adalah negara merdeka terkecil di dunia. Sebagai pusat agama Katolik, di kota-negara kecil ini hanya menampung sekitar 821 warga, namun karena kawasan yang kecil, ia adalah peringkat ke-3 di kepadatan penduduk.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC-z97U7ToRWQpEFgesZJGxxwfBbP6YwyYozNhENRLvt4AaPq0SB6AkasKcO77eXnjDFgGc4eKOC95GxySLq3MNNOBwiiC_hB-DW3kP2OgyWEDqiqYz8wIhBTWUskdM4L3r8abxzvEXbyM/s1600-r/city3.jpg
4. Maladewa
Maladewa merupakan negara kepulauan terdiri dari sekelompok atolls terletak di Samudra Hindia. Maladewa mempunyai dua puluh enam atolls meliputi wilayah, menampilkan 1192 islets, kira-kira dua ratus yang dihuni oleh masyarakat lokal. Menurut sensus 2006, ada 298.842 penduduk yang tinggal di kawasan yang totalnya hanya 298 kilometer persegi,menempati posisi ke empat dalam kepadatan penduduk.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEYsb4pZe-L_VoRFqW8M98oGZiHAO3QtpaFjmmZW3bRgHZQXh-p0cMYLtf0pgIgATBhJaKSvE8lElQ13dWzolFaWPFo6_IYS42dilF8XbGg5m9GdyuEe-54c1GMG1geDZZ_QIqQ1kUvINA/s1600-r/city4.jpg
5. Bahrain
Bahrain merupakan batas wilayah negara pulau di Teluk Persia dan terkecil di bangsa Arab. Bahrain memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di wilayah Arab,menjadi kelebihan penduduk akibat imigrasi dan pekerja tamu dari seluruh dunia. Ada sekitar 987 orang per kilometer persegi di pulau kecil ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKljDx-Ah7pa2fKuAJu0rIw6umBi-MXHOVEUA-MQUBw3dDZa9ubAzKbXXgU52a1cT5lyB8VZykEUIJvzzUdoom9bR2QPL7aLH9IItnVEC3ArsqqDA4Zlh0CuUzddm6NZ9gPHqPnxmJI6In/s1600-r/city5.jpg
6. Bangladesh
Bangladesh adalah negara kecil yang terletak di Asia Selatan hampir dikelilingi oleh India. Bangladesh merupakan salah satu yang paling tinggi dan padat penduduk negara-negara di dunia. Dengan wilayah daratan 144.000 kilometer persegi (55.600 mil persegi), kepadatan penduduknya luar biasa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjocpic57XEtw0e2VMgGAXM5pWm4nZeigsnsJkb-7dtVqLD5RpVlayx88Hvli4Q4WcKtSd_wdTcuEtjGH-cn7YVqnAILYkXkYS2EJbsopeFiwexcvvDk048ODn0JfW2iO7BDUrT-xMHCn7C/s1600-r/city6.jpg
7. Nauru.
Nauru adalah sebuah negara kepulauan di Pasifik Selatan Micronesian hanya meliputi 21 kilometer persegi, membuatnya menjadi negara kepulauan terkecil didunia,juga negara republik independen terkecil, dan satu-satunya negara republik di dunia tanpa modal resmi. Ada sekitar 13.048 penduduk yang tinggal di pulau kecil ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbfp9EZGzyDYNyBBejHMnpSbwWRqro_iEWuFqMbI1h_oFHaJMrkX-5DcNH6Bs340st7EwDprDlHEo5ApOTvAVA-XT455nyNd-9ICAl-olMLaRV70k3C_HLrh69wLBa_WGze1I4n9Itnz0-/s1600-r/city7.jpg
8. Taiwan
Taiwan adalah sebuah pulau di Asia Timur di lepas pantai daratan Cina. Setelah Perang Saudara China pada tahun 1949, Chiang Kai-shek dan sekitar 1,3 juta pengungsi melarikan diri ke daratan Cina membuat Republik Cina (ROC) di Taipei. Status politik Taiwan merupakan topik kontroversial, namun taiwan merupakan sebuah industri ekonomi, merupakan salah satu wealthiest dan paling padat penduduknya di negara-negara Asia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1JE4syb_jUrwmf5DxH2Z-dScT_rZfqzrUU2h4lbAXKP6Wj4PnGvxR3txb0h-ZEA90PnVC6IQhLauHgewuMhGCNzYIKpoP6rH874fWWrlnEKPaQ04HH9ahdNw5vkU02nqaw-d8qtQ8D9kD/s1600-r/city8.jpg
9. Barbados
Terletak di timur Laut Karibia, Barbados independen merupakan negara kepulauan di barat Samudra Atlantik.merupakan negara tujuan wisata utama untuk rombongan wisatawan dari seluruh dunia. Total luas areal lahan yang dimiliki Barbados sekitar 430 kilometer persegi, dan dengan jumlah penduduk buta aksara tertinggi di seluruh dunia, memiliki penduduk relatif tinggi sekitar 279.000.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6y3wXt-B39Ab1pCrWNyYN7u79siE6YluYO4Pz8IEXbGDy52WP91imtZIYXnc2Klq_ScSQ_0iabQ6ojL75mKpafyiUbycS9-7TNyTJT-1B4sepu01kXY4eKTvDtqhsBv-U2tOPpCLxuZiz/s1600-r/city9.jpg
10. Malta
Malta adalah negara kecil dan padat merupakan negara kepulauan yang terdiri dari tujuh pulau-pulau di Laut Mediterania. Setelah bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 2004, negara ini telah dilihat peningkatan investasi dan kekuatan ekonomi. Populasi penduduk Malta,tahun 2005 diperkirakan 404.039 di Malta dan kepadatan penduduk dari 1.282 per kilometer, jauh tertinggi di Uni Eropa dan salah satu yang tertinggi di dunia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiC2StMDtm6zwObGrysqgMTMiU2mVWtIoysMfiCn1wgVS8PgweZhqLV657cj6NcdD5Uj2_FE0XrO4tuVltzk1tTDDc7OQDDs5FPa5KfDdhj667nyMeLPDzWVc2EOtN03JzWFmBIJkKc5Xkq/s1600-r/city10.jpg
6.5 gurun pasir terluas:
1. Gurun Sahara (Luas 9.000.000 km2)
Gurun Sahara adalah nama sebuah padang pasir terbesar di dunia. Nama “Sahara” diambil dari bahasa Arab yang berarti “padang pasir”. Sahara terletak di utara Afrika dan berusia 2,5 juta tahun. Gurun padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke Laut Merah. Dari Laut Tengah di utara sampai ke Sahel di sebelah selatan. Dari Mauritania di sebelah barat ke Mesir di sebelah timur. Padang pasir ini membagi benua Afrika menjadi Afrika Utara dan Afrika “yang sejatinya” yakni gurun. Kedua bagian benua ini sangat berbeda, baik secara iklim maupun budaya. Luas padang pasir ini sekitar 9.000.000 km2.

http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/Sahara_Desert_Algeria.jpg
Gurun Sahara (Sumber: photography-match.com)

2. Gurun Arab (Luas 2.330.000 km2)
Gurun Arab merupakan padang pasir yang luas membentang dari Yaman ke Teluk Persia dan Oman ke Yordania dan Irak. Gurun ini menempati sebagian besar Semenanjung Arab dengan luas 2.330.000 kiliometers persegi atau (900.000 mil persegi). Pusat dari gurun ini adalah-Rub’al Khali, juga salah satu gurun pasir terbesar di dunia. Rusa, kijang, kucing pasir, dan kadal ekor berduri merupakan  beberapa spesies gurun yang beradaptasi dan bertahan hidup dalam lingkungan yang ekstrim. Iklimnya sangat kering, dan suhu berosilasi antara panas yang ekstrim dan membeku diwaktu malam. Terdapat sedikit keanekaragaman hayati, meskipun beberapa tanaman endemik tumbuh di sini.

http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/Desert-Oasis-Libya.jpg
Gurun Arab (sumber: egyptsons.com)

Banyak spesies sebenarnyaa, seperti hyena bergaris, serigala dan musang madu telah punah di daerah ini karena perburuan, perambahan manusia dan perusakan habitat. Spesies lain telah berhasil diperkenalkan kembali, seperti kijang pasir yang dilindungi di sejumlah wilayah. Penggembalaan ternak dan kegiatan off-road, adalah ancaman utama kehancuran habitat untuk keanekaragaman di padang pasir ini.

3. Gurun Gobi (Luas 1.295.000 km2)
Gobi adalah sebuah kawasan gurun yang sangat besar di Republik Rakyat Cina dan bagian selatan Mongolia. Cekungan padang pasir Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya, dan oleh dataran Cina utara di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti “sangat besar dan kering”. Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia. Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra.

http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/Gobi-Desert.jpg
Gurun Gobi (sumber: rosewing.com)

4. Gurun Kalahari (Luas 900.000 km2)
Gurun Kalahari adalah gurun yang terdapat di bagian selatan Afrika dengan luas 900,000 km² yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Gurun Kalahari merupakan semi gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Gurun Kalahari juga menjadi habitat dari berbagai binatang dan tanaman, karena bukan sepenuhnya gurun pasir. Curah hujan di Gurun Kalahari mencapai 3-7,5 inchi per tahun. Gurun Kalahari memiliki penangkaran binatang – The Central Kalahari Game Reserve (CKGR), Area penangkaran terbesar kedua di dunia) yang meliputi Khutse Game Reserve dan the Kalagadi Transfrontier Park. Binatang yang ada antara lain Hyena Cokelat, singa, meerkat, jerapah, babi hutan, jackal, beberapa jenis antelop, dan banyak spesies dari burung dan reptil. Vegetasi terdiri dari rumput dan akasia.

http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/Kalahari-Desert.jpg
Gurun Kalahari (Sumber: fly-insafaris.co.uk)

5. Gurun Kara Kum (Luas 350.000 km2)
Gurun Karakum, adalah sebuah gurun di Asia Tengah, menempati sekitar 70 persen, atau 350.000 km², dari luas wilayah Turkmenistan. Gurun Karakum terletak di timur Laut Kaspia, dengan Laut Aral di utara dan sungai Amu Darya dan gurun Kyzyl Kum ke timur laut. Di zaman modern, dengan menyusutnya Laut Aral, memperpanjang “Aral Karakum” hingga memunculkan bekas dasar laut, dengan luas 40 000 km². Gurun ini dilintasi saluran irigasi terbesar kedua di dunia, Canal Kara Kum. Canal ini dimulai pada tahun 1954, dengan panjang 1.375 km, dan membawa 13-20 km³ air setiap tahunnya. (**)

http://www.uniknya.com/wp-content/uploads/2011/06/Derweze.jpg
Gurun Kara Kum (Sumber: blogspot.com)
7.5 sungai terpanjang di dunia:
1. Sungai Nil berada di Afrika memiliki panjang 6650 kilometer
2. Sungai Amazon berada di Amerika Selatan memiliki panjang 6400 kilometer
3. Sungai Yangtze / Chang Jiang berada di Negara China memiliki panjang 6300 kilometer
4. Sungai Mississippi – Missouri berada di Amerika Utara memiliki panjang 6275 kilometer
5. Sungai Yenisei – Angara – Selenga berada di Rusia dan Mongolia memiliki panjang 5539 kilometer
8.5 gunung api tertinggi:
1. Kilimanjaro di Tanzania
Kilimanjaro dulu disebutKaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania.
Gunung ini adalah gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung.
Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 6.010 meter di atas permukaan laut. Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memilikifumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo.
Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru.
Di tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan magma cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).
2.  Guallatiri di Chili
Guallatiri adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Chile utara.
Guallatiri berada di barat perbatasan dengan Bolivia dan di ujung barat daya Nevados de Quimsachata.
Ini adalah simetris 5.965 m (19.918 kaki = 3,7723 mil).
Guallatiri dibatasi oleh dasit kubah lava pusat atau kompleks, dengan lubang aktif di sisi selatan
3. lascar di chili
Lascar adalah gunung berapi yang paling aktif dengan tinggi 5.896 m yang terletak di Andes Chili utara.
Kota ini terletak di Chili’s II Daerah (de Antofagasta), sebelah timur Salar de Atacama dan segera barat gunung berapi Aguas Calientes. gunung berapi lain di daerah tersebut meliputi Acamarachi dan Chiliques, semua yang membentuk latar belakang yang spektakuler untuk Laguna Lejía.
4.  Cotopaxi di Ekuador
Cotopaxi adalah sebuah stratovolcano di Pegunungan Andes, terletak sekitar 28 km (17 mil) selatan Quito, Ekuador, Amerika Selatan.
Cotopaxi adalah puncak tertinggi kedua di negara itu, mencapai ketinggian 5.894 m (19.347 ft)
Cotopaxi memiliki kerucut hampir yang naik dari dataran dataran tinggi sekitar 3.800 meter (12.500 kaki), dengan lebar di pangkalnya sekitar 23 kilometer (14 mil) simetris.
Memiliki salah satu gletser beberapa khatulistiwa di dunia, yang dimulai pada ketinggian 5.000 meter (16.400 kaki).
Gunung ini terlihat jelas di langit dari Quito.
Ini adalah bagian dari rantai gunung berapi di sekitar piring Pasifik dikenal sebagai Cincin Api Pasifik.
Gunung berapi ini adalah subyek dari 1855 dan 1862 lukisan karya Frederic Edwin Gereja.
5.  El misti di Oeru
El Misti, juga dikenal sebagai Guagua-Putina adalah sebuah stratovolcano yang terletak di Peru selatan dekat kota Arequipa.Dengan musiman yang diselimuti salju, simetris kerucut, El Misti berdiri pada 5.822 meter (19.101 kaki) di atas permukaan laut dan terletak di antara gunung Chachani (6.075 m/19, 931 kaki) dan gunung berapi-Pichu Pichu (5.669 m/18, 599 ft).
Letusan terakhir adalah di tahun 1985.
9.pengertian kapitalisme,kolonialisme,imperialisme,sosialisme,liberalisme dan komunisme
a.Kapitalisme atau Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya

b. Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut

c. Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang

d. Istilah sosialisme atau sosialis dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan dengan ideologi atau kelompok ideologi, sistem ekonomi, dan negara
e. Liberalisme atau Liberal adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama
f. Komunisme adalah sebuah ideologi. Penganut paham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels, sebuah manifesto politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848 teori mengenai komunis sebuah analisis pendekatan kepada perjuangan kelas (sejarah dan masa kini) dan ekonomi kesejahteraan yang kemudian pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar